Trik Agar Anak Menyukai Matematika

Mempunyai buah hati yang pintar dalam matematika tentu menjadi impian semua orang tua di dunia. Seperti diketahui bahwa matematika tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Matematika hampir selalu digunakan di semua bidang ilmu seperti kedokteran, teknik, pertanian dan bahkan ekonomi. Hampir semua bidang ilmu menggunakan matematika. Artinya matematika berperan penting dalam kehidupan sang buah hati di masa depan. Namun terkadang anak-anak merasa bahwa matematika merupakan hal yang sulit dan membuat mereka menyerah begitu saja. Supaya anak pintar matematika maka ada trik yang harus Anda lakukan. Anda dapat membaca artikel ini sampai selesai jika Anda ingin mengetahui cara mendidik anak agar pintar matematika.

Mendidik Anak Agar Pintar Matematika

Supaya anak pintar matematika maka Anda dapat mengajarinya mulai dari umur 1 tahun. Tepat sekali mulai umur 1 tahun merupakan periode terbaik bagi anak untuk belajar. Karena pada usia tersebut kecerdasan otak anak telah siap. Dan apa yang dilakukan bersama orang tuanya akan terasa menyenangkan. Untuk mengajari anak matematika dari umur satu tahun maka caranya yaitu dengan permainan yang mempunyai konsep matematika sederhana. Misalnya dengan konsep pola melalui permainan tepuk tangan. Konsep pola yang lainnya yaitu dengan mengajari lagu kepala pundak lutut kaki. Kemudian memahami konsep urutan juga sangat baik untuk melatih anak misalnya dengan membangun balok, stacking ring. Kemudian mengenalkan pada anak mengenai tekstur yang berbeda. Sedangkan untuk anak yang usianya lebih tua maka Anda dapat mengajarkan permainan puzzle, monopoli atau permainan lain yang mempunyai konsep serupa misalnya counting beads dan lain-lain.

Sebenarnya ada banyak cara supaya anak pintar matematika, cara yang lainnya yaitu dengan mengajak anak-anak membaca buku yang mempunya tema matematika. Ada banyak buku bacaan anak yang mempunyai tema matematika, baik buku luar negeri ataupun buku dalam negeri. Untuk buku dalam negeri misalnya buku 30 dongeng matematika. Kemudian agar semakin melatih anak untuk berhitung maka Anda dapat melibatkan matematika dalam aktivitas Anda. Misalnya jika anak suka membantu Anda melipat baju, maka Anda dapat meminta anak untuk menghitung jumlah baju yang sudah dilipat. Kemudian ketika anak berada di mobil bersama dengan Anda, Anda dapat memintanya untuk menghitung jumlah bis yang lewat.