Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Dewasa ini Indonesia memiliki curah hujan yang cukup tinggi, sehingga menyebabkan cuaca yang tidak menentu. Hujan badai sudah kerap terjadi, bahkan terkadang curah air yang begitu besar mengakibatkan rawan tanah longsor di beberapa daerah. Tidak hanya dari segi lingkungan, perubahan cuaca ini pun menjadikan kondisi tubuh manusia rawan terkena penyakit. Bagi yang sedang memiliki tingkat kekebalan yang rendah, maka akan mudah terkena penyakit ringan hingga berat, seperti flu dan demam berdarah. Untuk itu, diperlukan kemampuan menjaga kesehatan yang ketat dari setiap individu di Indonesia.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan pada saat musim hujan berlangsung, yang pertama adalah perbanyak aktifitas olahraga. Semakin sering tubuh melakukan kegiatan olahraga, maka peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar dan kesehatan pun dapat terjaga. Selain itu, tubuh akan secara otomatis meningkatkan kekebalan terhadap berbagai penyebab penyakit, seperti virus dan bakteri. Ketika tubuh terserang virus maupun bakteri, bila tubuh memiliki daya tahan yang cukup, maka virus dan bakteri ini pun akan terbasmi dengan sendirinya oleh antibodi yang dimiliki tubuh. Tips kedua adalah sediakan jas hujan ketika bepergian dan juga siapkan pakaian ganti ketika berada dalam kegiatan di luar rumah. Hal ini untuk mengantisipasi tubuh mengalami kedinginan dan juga siap sedia bila kehujanan. Meski sederhana, namun kebutuhan pakaian kering begitu penting untuk menjaga suhu tubuh dari kedinginan. Tips ketiga adalah dengan mengonsumsi banyak air putih, hal ini untuk membantu tubuh dalam membuang kotoran-kotoran yang hanya mampu terbuang dengan bantuan cairan. Jika tubuh memiliki persediaan cairan yang cukup, maka aktifitas metabolisme dalam tubuh pun akan semakin lancar dan menyempurnakan kekebalan.

Tips-tips di atas bisa dilakukan mulai dari sekarang, agar tubuh dapat terhindar dari segala macam penyakit. Kesehatan adalah hal yang sangat mahal, dan ini memerlukan penjagaan yang terus-menerus agar tubuh selalu bisa menyesuaikan diri dengan cuaca dan keadaan apapun.