Tips Memilih Kuda-Kuda Baja Ringan Berkualitas

Sekarang ini sudah cukup banyak baja ringan yang digunakan di berbagai pembangunan gedung dan rumah-rumah. Salah satunya penggunaan kuda-kuda baja ringan yang bisa memperkuat atap bangunan. Sudah Anda ketahui bahwa rangka atap baja ringan adalah salah satu bahan pengganti baja atap dari kayu yang sudah lebih dulu ada. Sering para konsumen bingung memilih baja ringan yang berkualitas karena saat ini sudah cukup banyak merk dagang dari baja ringan.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Kuda-Kuda Baja Ringan

Ada beberapa hal yang perlu Anda jadikan bahan pertimbangan yang utama dalam menentukan pilihan kuda-kuda baja ringan yang digunakan untuk rangka atap, diantaranya adalah:

  1. Mutu baja

Sesuai dengan namanya yaitu baja ringan, material bangunan ini diproduksi dengan ketebalan yang lebih tipis jika dibandingkan dengan material konvensional (ketebalan dari baja ringan yang beredar dipasar Indonesia sekitar 0.4-1 mm). Bahan baja yang umumnya dipakai adalah baja yang memiliki kekuatan tarik tinggi atau biasa disebut dengan high tension steel. Standarnya G550 yang artinya Yield Strength maupun Tention Strength dari baja ringan tersebut minimal yaitu 550 Mpa. Hal tersebut bersifat teknis yang bisa membuat para konsumen bingung dan kesulitan mengetahui kualitas mutu bahan apakah memiliki ukuran standar. Sehingga solusinya Anda bisa meminta jaminan tertulis bahwa baja ringan tersebut terbuat dari bahan baku dengan ukuran standar G550.

  1. Lapisan anti karat

Lapisan zinc dan aluminium adalah jenis lapisan yang umum digunakan di Indonesia. masing-masing lapisan tersebut memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Seperti lapisan zinc lebih tahan terhadap korosi air garam tetapi tidak tahan terhadap semen atau mortar. Lapisan zinc ini banyak digunakan untuk rangka atap genteng beton atau genteng keramik.

  1. Ketebalan lapisan anti karat

Ketebalan lapisan karat merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dan tidak hanya jenis lapisan yang digunakan. Ketebalan lapisan anti karat ini sangat berpengaruh terhadap usia ekonomis dari material tersebut. Ketebalan lapisan aluminium zinc anti karat umumnya tidak boleh kurang dari 150 gram/m2 dan untuk lapisan zinc tidak kurang dari 180 gram/m2.

  1. Prefabrikasi

Perakitan kuda-kuda untuk rangka biasanya banyak dilakukan di proyek. Tetapi banyak yang tidak sesuai, tidak rapi. Sehingga untuk menghindari hal tersebut sebaiknya memilih kuda-kuda baja ringan yang dirakit dipabrik menggunakan mesin JIG yang akan menjamin mutu kuda-kuda.