Supaya Stress Tidak Berlarut-Larut

Kehidupan terkadang membuat seseorang mengalami stress, entah karena panjangnya kemacetan yang terjadi di jalanan, karena dimarahi atasan, ditolak di pekerjaan yang diimpikan, didiamkan pasangan dan lain-lain. Sebenarnya ada banyak hal yang dapat membuat diri menjadi stress. Padahal perilaku stress sendiri tidak baik bagi kesehatan, terutama jika stress terjadi selama berkepanjangan, atau dapat pula disebut dengan stress kronis. Kondisi stress sendiri mempunyai ciri-ciri yang biasanya akan tampak pada jari dan pergelangan tangan, yaitu terdapatnya urat-urat berwarna biru. Artikel ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengelola stress agar tidak berkepanjangan.

Pengelolaan Stress

Stress dapat dimanajemen atau dikelola yaitu melalui relaksasi sehingga Anda dapat lebih tenang. Tanda-tanda stress biasanya akan muncul urat-urat yang berwarna hijau atau biru di telapak tangan Anda jika merupakan stress awal, kemudian muncul di pergelangan tangan jika merupakan stress tingkat 2 dan terdapat urat-urat di sepanjang jari-jari yang merupakan tanda-tanda stress tingkat 3. Selain itu gejala yang dapat muncul adalah cepat marah atau emosi, terlalu sedih, terasa migrain dan tidak nyenyak tidur. Agar stress yang terjadi tidak berlarut-larut maka sebaiknya Anda harus pintar dalam mengelola emosi agar tidak menjadi stress pada akhirnya.

Setiap orang membutuhkan rasa santai di pikiran dan juga tubuhnya, tidak terkecuali dengan Anda. Anda juga membutuhkan untuk bersantai atau melakukan relaksasi di tengah-tengah aktivitas Anda sehari-hari. Teknik relaksasi yang umum misalnya meditasi, tai chi, yoga dan relaksasi otot progresif. Ada beberapa teknik relaksasi yang dapat Anda lakukan misalnya yaitu pertama, duduk dengan posisi nyaman dan santai. Selagi masih dalam posisi duduk, Anda dapat membayangkan hal menyenangkan dengan kondisi mata terpejam. Kemudian yang kedua, Anda harus mensyukuri semua nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, kemudian menjalani semuanya dengan ikhlas dan sabar. Kemudian yang ketiga, lakukan tarik nafas dari hidung kemudian tahan selama 3 hitungan. Setelah itu hembuskan nafas dari mulut. Kemudian bayangkan seolah beban pikiran yang ada sudah dilepaskan. Anda dapat mengulanginya sebanyak tiga kali.