Struktur Dan Fungsi Pada Retina

Retina Mata adalah jaringan pada mata yang berfungsi sebagai penangkap gambar dan sangat peka terhadap cahaya. Mata dapat mengambil gambar visual melalui kornea dan lensa. Fungsinya sama persis seperti kamera. Struktur retina sangat berlapis, strukturnya berlapis dan memiliki lapisan neuron yang dihubungkan pada sinapsis. Bagian yang paling sensitif terhadap cahaya adalah sel fotoreseptor. Sel tersebut memiliki 2 jenis, yaitu berbentuk kerucut dan batang. Sinyal saraf yang berbentuk kerucut dan batang diolah oleh neuron lain. Dalam perkembangan dari embrio vertebrata, retina berasal dari pengembangan otak, begitu juga dengan saraf optik. Sehingga retina menjadi pusat bagian sistem saraf pusat atau lebih dikenalnya dengan SSP.

Bagian-Bagian Retina

Retina Mata memiliki 10 lapisan atau bagian, yang pertama adalah: Membran Pembatas Dalam adalah membran basal yang merupakan hasil uraian dari sel muller, Lapisan Serat Saraf merupakan akson dari sel ganglion, Lapisan Sel Ganglion adalah sel yang mengandung inti sel, akson yang dijadikan serabut saraf optik, Lapisan Flexiform Dalam merupakan sel yang berisi sinapsis antara akson sel bipolar dan dendrit, Lapisan Nukleus Dalam merupakan sel yang berisi inti dan sel tubuh dan sel bipolar, sel amakrin, dan sel horizontal, Lapisan Flexiform Luar adalah proyeksi kerucut dan batang yang masing-masing berakhir pada kerucut gangang bunga dan batang bulatan, Lapisan Nukleus Dalam adalah badan sel kerucut dan batang, Membran Pembatas Luar merupakan lapisan memisahkan segmen dalam fotoreseptor yang berasal dari sel intinya, Lapisan Fotoreseptor adalah bagian kerucut dan batang, Epitel Pigmen Retina adalah bagian yang terdekat dengan bagian koroid.

Manusia dewasa biasanya memiliki retina yang hampir separuh lebih mengisi permukaan bola mata. Sel pada retina memiliki sekitar 75 juta sel hingga 100 juta sel batang dan 7 juta sel kerucut. Tulisan di atas merupakan struktur dan fungsi dari Retina Mata. Untuk mengetahui seputar mata, Anda bisa menanyakannya langsung pada dokter dan mengonsultasikan tentang penyebab dan faktor penyakit pada mata dan retina.