Pertumbuhan Bayi Yang Berusia 4 Bulan

Pertumbuhan bayi Anda terus berjalan seiring dengan waktu. Bayi usia 4 bulan Anda tumbuh semakin responsif setiap harinya. Bayi usia 4 bulan senang menunjukkan ekspresinya dengan senyuman, tawa, celoteh, dan cegukan. Berikut beberapa pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 4 bulan yang dapat Anda harapkan diraih oleh bayi Anda.

Pertumbuhan Yang Benar Bagi Bayi Berusia 4 Bulan

  • Tumbuh kembang bayi 4 bulan

Berat badan bayi berusia 4 bulan umumnya bertambah dua kali lipat dari berat badan saat dilahirkan. Bila Anda cemas bayi Anda tak memperoleh asupan gizi atau berat badan yang cukup, segera berkonsultasi dengan dokter anak.

  • Pertumbuhan gigi bayi 4 bulan

Umumnya gigi mulai tumbuh saat bayi berusia delapan bulan, akan tetapi ada pula yang sudah tumbuh saat bayi berusia 4 bulan. Tanda-tanda akan tumbuh gigi pada bayi diantaranya ngiler, ruam di wajah dikarenakan air liur, kerap menggigit benda, rewel, kehilangan selera makan.

  • Kemampuan motorik

Mengenai pertumbuhan bayi pada kemampuan motorik halus, bayi semakin terampil. Dia mulai mampu memindahkan benda dengan kedua tangannya. Sementara mengenai kemampuan motorik kasar, kepalanya tak lagi terhuyung-huyung sekarang ini. Umumnya bayi berusia 4 bulan telah memiliki kontrol kepala yang cukup bagus. Mereka pun mampu mendorong dan menendang dengan kaki.

  • Tidur

Bayi berusia 4 bulan mampu tidur dengan nyenyak di sepanjang malam, umumnya tujuh hingga delapan jam. Ditambahkan dengan tidur siang, secara keseluruhan tidur bayi sekitar 14 hingga 16 jam setiap hari.

  • Indera

Bayi kesulitan dalam membedakan warna pada usia 3 bulan pertama. Pada usia 4 bulan, penglihatan bayi semakin bagus. Bayi mulai mampu mengamati kontras warna yang samar. Jarak penglihatannya pun semakin jauh.

  • Komunikasi

Pada usia 4 bulan, bayi mulai menyadari reaksi orang-orang di sekelilingnya atas tindakannya. Bayi usia 4 bulan pun mempelajari komunikasi dengan efektif. Mereka menunjukkan ekspresinya dengan senyuman lebar karena merasa senang, cemberut karena merasa kesal, hingga membuka mulut lebar-lebar saat heran atau kaget. Bayi usia 4 bulan pun mulai mengenali emosi Anda dengan mengamati ekspresi dan suara Anda.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang pertumbuhan bayi usia 4 bulan, semoga bermanfaat bagi Anda.