Pemberian Vitamin Burung Yang Tepat

Vitamin burung wajib diberikan karena vitamin ini mempunyai manfaat yang baik bagi burung. Vitamin bisa memberikan metabolisme dan daya tahan tubuh yang baik bagi burung. Jika seekor burung mempunyai daya tahan tubuh yang kuat, maka burung juga tidak akan mudah terserang penyakit. Vitamin bisa mempercepat dan merangsang proses pertumbuhan seekor anak burung juga.

Bukan hanya itu pula, namun vitamin untuk burung bisa meningkatkan kesuburan sehingga proses reproduksi pun semakin lancar. Vitamin bisa membantu menyiapkan sel-sel reproduksi rahim burung betina agar bisa memperbanyak daya tetas telur. Fungsi vitamin untuk burung yang terakhir adalah untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Tiga Jenis Vitamin Burung Yang Wajib Hadir

Vitamin D wajib diberikan kepada burung karena vitamin burung yang satu ini bisa mengatur kalsium, membuat tubuh burung menjadi kuat, dan juga tulang terbentuk dengan lebih sempurna. Vitamin D sebenarnya bisa diproduksi sendiri oleh tubuh burung dengan menggunakan sinar matahari langsung. Karena itulah sebaiknya jemur burung setiap harinya agar vitamin D dalam tubuh burung bisa diproduksi dengan baik.

Jika burung kekurangan vitamin D maka bisa dilihat dari bentuk telur yang kurang sempurna, tulang dada burung yang bengkok, cangkang telur yang menipis, dan juga tulang menjadi lemah. Vitamin D juga bisa Anda dapatkan dari minyak ikan. Namun jangan sampai Anda memberikan minyak ikan berlebihan kepada burung karena memberikan vitamin yang berlebihan pun juga tidak baik bagi kesehatannya.

Vitamin selanjutnya adalah vitamin E. Jika pada manusia vitamin E bisa meningkatkan kesehatan kulit, pada burung lain lagi manfaatnya. Manfaat vitamin E untuk burung adalah untuk meningkatkan kesuburan. Vitamin E bisa Anda dapatkan dari pakan burung berupa biji-bijian. Memberikan vitamin D dan E akan meningkatkan kesuburan burung jantan.

Vitamin yang terakhir adalah vitamin K, Vitamin ini berguna untuk membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan pembuluh darah semakin kuat. Dapatkan vitamin burung yang satu ini dari sayuran dan biji yang berwarna hijau. Demikian informasi seputar vitamin untuk burung.