Pemasangan Paving Block

Bagi Anda yang berencana untuk memasang paving block, berikut ini ulasan mengenai proses memasang paving blok. Siapkan terlebih dahulu beberapa paving blok, gerinda, stamper kodok, waterpas, benang, kayu kaso dan abu batu.

Cara Memasang Paving Block Dengan Benar

Pertama-tama, kita periksa terlebih dahulu kerataan dan kelurusan pemukaan lantai yang akan dikerjakan. Untuk mengeceknya lebih baik gunakan selang yang terisi air atau waterpass lalu ditimbang. Setelah rata, kita tentukan tinggi atau levelnya. Misalnya paving blok yang nanti akan dipasang, 20 cm dari permukaan lahan. Selanjutnya taburkan abu batu atau pasir kasar untuk menutupi permukaan lahan. Pastikanlah ketinggiannya sudah pas dengan ketinggian level yang sudah direncanakan dan dihitung sebelumnya. Lalu, kita ratakan dengan memakai kayu kaso ataupun alat lain seperti papan dengan permukaan yang rata.

Pasanglah paving blok secara merata. Gunakanlah tali benang untuk acuan lurus pada pemasangan paving block. Jika tidak lurus maka bisa membuat naat tidak rapi. Cara pemasangan paving blok dapat dimulai dari posisi atau titik bagian pojok ke arah menengah. Pasanglah paving blok satu-satu sesuai dengan pola pemasangan jenis paving blok. Pastikanlah kembali kelurusan dan kerataan pasangan paving blok yang sudah dipasang.

Potong paving blok jika memang dibutuhkan, misal pada bagian tepi dan sudut yang tidak bisa terpasang memakai paving blok yang utuh. Potonglah dengan memakai alat pemotong yang khusus untuk paving blok seperti gerinda. Lebih baik, ukur lalu beri tanda tertentu sebelum memotong. Pemotongan paving blok bisa membuat pasangan paving blok bisa terlihat lebih rapi dibanding jika diberikan celah dengan isian adukan semen.

Padatkan serta rapikan pemasangan paving blok dengan memakai mesin stamper plate atau stamper kodok, supaya paving blok yang tadi sudah terpasang bisa benar-benar rata dan padat pada permukaannya. Lakukanlah secara perlahan sampai paving blok terkait dan terpasang dengan benar. Lakukan pemadatan sampai didapat hasil maksimal. Sekian artikel mengenai pemasangan paving block yang benar. Lebih baik pasang paving blok dengan penuh ketelitian supaya hasil yang didapat bisa memuaskan.