Pahami Penyebab Dan Gejala Hipertensi Serta Lakukan Pencegahannya

Tekanan darah pada tubuh selalu berubah-ubah, tergantung pada kondisi tubuh dan aktivitas atau makanan yang dikonsumsi. Tekanan darah normalnya biasanya berada di bawah 120/80mmHg. Namun, karena adanya banyak faktor yang mempengaruhi kondisi tubuh, seseorang mungkin saja memiliki tekanan darah di bawah atau malah diatas ukuran tekanan darah normal. Ketika seseorang memiliki tekanan darah diatas garis normal, maka dia menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Penyebab Terjadinya Tekanan Darah Tinggi

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

  1. Usia

Faktor usia merupakan faktor utama yang menyebabkan seseorang menderita hipertensi. Hipertensi biasanya diderita oleh mereka yang berusia lebih dari 60 tahun. Namun nyatanya, akhir-akhir ini banyak ditemukan penderita hipertensi yang masih berusia 20 tahunan.

  1. Kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman beralkohol dan bersoda, kebiasaan begadang juga sangat mempengaruhi tekanan darah dan memicu seseorang mengalami hipertensi.

  1. Makanan

Terlalu sering memakan makanan yang mengandung kadar lemak tinggi menyebabkan terjadinya hipertensi.

  1. Stress dan banyak pikiran

Memiliki terlalu banyak hal yang harus dipikirkan serta tekanan yang datang dari berbagai pihak dapat memicu naiknya tekanan darah pada tubuh.

Gejala Tekanan Darah

Seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi biasanya akan merasakan keluhan sebagai berikut;

  1. Kepala berdenyut dan pusing
  2. Mudah lelah
  3. Telinga berdengung
  4. Mual
  5. Jantung berdebar

Pencegahan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi bisa terjadi pada siapa saja karena faktor usia saat ini tidak begitu menjamin seseorang akan terbebas dari penyakit ini. Oleh karena itu, sebaiknya kita melakukan pencegahan sedari awal agar terhindar dari hipertensi. Sebelum terjangkit penyakit tekanan darah tinggi, ada baiknya kita melakukan beberapa hal yang dapat mencegah kedatangan penyakit ini. Beberapa hal dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya hipertensi, salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari rajin berolahraga, banyak mengonsumsi buah dan sayur, meninggalkan kebiasaan buruk seperti minum minuman beralkohol dan bersoda, serta rutin melakukan pengecekan tekanan darah.