Merokok Dapat Membunuhmu

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak paru-paru dan tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda. Dalam logo atau slogan rokok terdapat kalimat “Merokok Dapat Membunuhmu”, tetapi kalimat tersebut seperti tidak ada makna yang berarti bagi para pecandu rokok. Bagi orang yang sudah mengenal dan memakai rokok, memiliki efek kecanduan yang sangat sulit untuk dihentikan. Merokok juga dapat mengambil vitamin dan nutrisi yang penting dari asupan makanan yang kita konsumsi. Bagi Anda yang masih pelajar dan masih menjadi perokok ringan, sebaiknya Anda mulai berhenti dari sekarang. Dikarenakan rokok pun dapat membuat Anda cepat merasa lelah dan badan akan terlihat tidak segar.

Penyakit Yang Diakibatkan Oleh Rokok

Bahayakah rokok untuk kesehatan tubuh? Ya, rokok sangat berpengaruh terhadap kesehatan, termasuk juga orang yang menghirup asap rokok yang Anda buat. Rokok memiliki kandungan zat yang berbahaya seperti nikotin. Beberapa penyakit yang dialami oleh perokok dan orang-orang yang menghisap asap rokok tersebut, yaitu sebagai berikut:

  • Kanker

Bagi perokok penyakit yang ditimbulkan akan mengakibatkan kanker karena terdapat zat adiktif berupa karsinogenik. Asap rokok yang dihirup akan masuk ke dalam mulut, lalu ke tenggorokan sebelum dinikmati di dalam paru-paru. Beberapa penyakit kanker yang berkaitan dengan pernapasan adalah kanker mulut, kanker pita suara, dan akan mengakibatkan kanker paru. Berbagai macam kanker yang diakibatkan oleh rokok adalah sebagai berikut:

  • Kanker pada kandung kemih

Di dalam rokok mengandung senyawa 2-naphthlylamine yang akan menyebabkan kanker kandung kemih.

  • Kanker payudara

Perempuan yang merokok pada umur 20 tahun akan berisiko terkena kanker payudara.

  • Kanker serviks

Perempuan yang merokok akan rentan terkena kanker serviks dan infeksi yang disebabkan virus menular seksual.

  • Penyakit paru-paru

Perokok akan berisiko radang tenggorokan, pneumonia, emfisema, dan bronkitis kronis dan yang paling bahaya adalah kanker paru-paru.

  • Jantung

Plak yang menempel pada dinding jantung disebabkan oleh rokok, akan menyebabkan darah tidak akan mengalir dengan sempurna. Sehingga jantung akan memompa darah. Jika jantung bekerja terlalu keras, maka bisa menyebabkan serangan jantung.

  • Gangguan pada kehamilan

Rokok dapat menyumbat saluran darah dan asupan makanan yang masuk ke janin tidak akan lancar. Hal tersebut dapat mengalami bayi yang lahir prematur, keguguran, bahkan kematian janin.

  • Stroke

Risiko terkena stroke akan meningkat, karena rokok dapat melemahkan pembuluh darah dan kinerja pembuluh darah terhambat.

Maka dari itu, jaga kesehatan tubuh dan hindari penggunaan rokok. Karena rokok tidak hanya berdampak pada pengguna, tetapi juga pada orang yang menghirup asap rokok tersebut.