Merawat AC Agar Tetap Awet

Indonesia menjadi sala satu negara yang memiliki iklim tropis. Iklim tropis ini membuat Indonesia memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Saat musim panas, Anda dapat menggunakan pendingin ruangan untuk menjaga kondisi ruangan tetap dingin. Kebanyakan orang menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan. AC banyak dipasang di gedung-gedung seperti mall, perkantoran, sekolah, dan sekarang juga sudah banyak rumah yang memasang AC. Penggunaan AC yang salah membuat Anda harus melakukan service AC Malang. Untuk mencegah kerusakan AC terlalu cepat, maka Anda harus melakukan perawatan pada AC.

Tips Merawat AC Agar Tetap Awet

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk melakukan perawatan pada AC sehingga Anda dapat mencegah service AC Malang yang terlalu cepat:

  1. Menutup pintu dan jendela saat AC menyala. Hal yang satu ini wajib untuk Anda lakukan agar AC Anda tidak bekerja terlalu berat. Saat udara luar mudah masuk, maka AC akan bekerja lebih keras untuk membuat udara di ruangan menjadi sejuk.
  2. Mematikan AC saat tidak digunakan. Banyak orang yang tetap menyalakan AC saat sudah tidak digunakan. Bahkan ada yang menggunakan AC tanpa dimatikan selama 24 jam bahkan saat tidak ada orang di dalam ruangan.
  3. Menggunakan fitur timer. Ini bertujuan agar AC Anda selalu dalam keadaan baik karena maksimal penggunaan AC maksimal berturut-turut adalah 5 jam. Istirahatkan AC Anda setelah 5 jam.
  4. Melakukan pembersihan pada bagian luar dan dalam AC. Anda dapat melakukan pembersihan rutin pada AC Anda untuk menjaga AC tetap dalam kondisi yang baik. Anda dapat melakukan pembersihan 1 kali dalam 1 bulan. Jika udara di ruangan tersebut terlalu keruh, maka Anda dapat melakukan pembersihan 2 kali dalam 1 bulan.
  5. Lakukan pengecekan freon pada AC. Jika freon tersebut mengalami kebocoran, maka dapat membuat kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan semakin berkurang. Anda dapat menggunakan tenaga service AC malang untuk melakukan pengecekan tersebut.

Demikian beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur AC.