Mengenal Tipe-Tipe Kulit Wajah

Jenis kulit setiap orang memang berbeda-beda. Beberapa tipe kulit yang sering oleh orang Indonesia adalah kulit kering, kulit berminyak dan kulit sensitif. Jenis kulit yang berbeda-beda ini tentu juga memiliki perawatan yang berbeda-beda. Pembersih wajah yang digunakan untuk kulit berminyak berbeda dengan pembersih wajah yang digunakan bagi kulit kering. Selain itu, perbedaan jenis kulit juga akan berpengaruh terhadap penggunaan kosmetik. Orang dengan kulit yang berminyak akan cenderung menggunakan make up yang tipis. Karena menggunakan make up yang terlalu tebal dapat membuat kulit semakin berminyak. Sedangkan untuk kulit kering lebih banyak membutuhkan pelembab untuk menjaga kulit ternutrisi dan mencoba untuk menciptakan kulit yang lembab.

Tipe-Tipe Kulit Wajah Dan Ciri-Cirinya

Tipe kulit yang berbeda-beda sebenarnya bisa saja terjadi karena faktor genetik. Namun faktor lain juga berpengaruh seperti kadar air dalam kulit, kadar minyak dan tingkat sensitivitas kulit. Semua itu didukung dengan gaya hidup yang tidak baik. Misalnya terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan merokok akan membuat kulit tidak secerah seperti biasanya. Kembali lagi ke pembahasan jenis kulit yang berbeda-beda membuat pemakaian produk yang berbeda-beda pula. Maka dari itu, kenali ciri-ciri tipe kulit yang kerap dialami masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah tipe kulit dan ciri-cirinya:

  1. Tipe kulit kering

Tipe kulit ini adalah kulit yang kurang kelembaban alami dan sangan sedikit mengandung minyak. Ciri umun dari tipe kulit ini yaitu:

  • Pori-pori yang tidak kelihatan
  • Permukaan kulit kasar atau kusam
  • Kurang elastis
  • Terdapat bercak merah
  • Terdapat garis-garis pada kulit
  1. Tipe kulit berminyak

Berbeda dengan kulit kering, kulit tipe berminyak memiliki kadar minyak yang berlebihan. Penyebab dari kulit berminyak diataranya adalah efek masa pubertas, stres dan terpapar panas dan suhu terlalu lembab.

  1. Tipe kulit sensitif

Ciri-ciri kulit sensitif adalah kulit yang kemerahan, gatal, terlihat terbakar, kusam dan kering. Penyebab dari kulit sensitif adalah efek dari respons penggunaan produk kosmetik tertentu atau respons alergi terhadap suatu produk.