Mengenal Berbagai Jenis Sablon Kaos

Kaos merupakan jenis pakaian yang sangat nyaman digunakan sehari-hari. Agar penampilan sebuah kaos menjadi lebih menarik, maka bisa dilakukan teknik penyablonan dengan berbagai jenis desain gambar. Oleh karena itu, teknik sablon kaos memang harus dikuasai oleh industri tekstil maupun konveksi pakaian. Teknik penyablonan kaos sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu sablon manual dan sablon digital. Meskipun telah menggunakan alat yang lebih canggih, namun ternyata kualitas sablon digital masih lebih rendah dibandingkan dengan kualitas sablon manual. Selain menghasilkan sablon dengan kualitas yang lebih baik, harga kaos sablon manual juga lebih murah dibandingkan dengan kaos yang dibuat dengan teknik sablon digital. Oleh karena itu, tidak heran jika semakin banyak pelaku usaha yang bergerak di bidang penyablonan kaos secara manual.

Lalu, Apa Saja Jenis Sablon Kaos?

Sablon kaos manual yang biasa digunakan oleh konveksi pakaian terdiri dari beberapa jenis. Di antaranya adalah:

  1. Rubber atau karet GL

Sablon jenis ini dibuat dari bahan karet. Oleh karena itu teksturnya sangat elastis dan memiliki kerapatan yang tinggi. Dengan kualitas yang ditawarkan, maka jenis sablon ini banyak digunakan karena dapat menutup permukaan warna kain dengan sangat baik.

  1. Pigmen

Pigmen adalah bubuk pewarna tinta sablon yang memiliki sifat dapat meresap ke dalam serat kain. Jenis sablon ini memiliki sedikit kelemahan, yaitu hanya dapat diterapkan pada kaos yang berwarna terang saja. Hal ini disebabkan karena karakter warna sablon pigmen yang tidak mampu mengalahkan warna kain yang gelap.

  1. Superwhite

Sablon superwhite memiliki karakter yang hampir mirip dengan jenis sablon pigmen. Bedanya adalah bahwa sablon superwhite bersifat lebih transparan. Selain itu, sablon superwhite juga dapat diaplikasikan pada kain yang berwarna gelap.

  1. Plastisol

Sablon plastisol adalah jenis sablon yang menggunakan minyak atau PVC (oil based). Sablon jenis ini memiliki kelebihan di antara jenis sablon lainnya, yaitu memiliki kemampuan untuk mencetak raster atau dot dengan ukuran yang super kecil dengan hasil yang prima.

Nah, itulah beberapa jenis sablon yang sering digunakan untuk mempercantik kaos oleh konveksi pakaian atau industri tekstil. Selain keempat jenis sablon di atas, tentu masih ada beberapa jenis sablon lainnya yang dapat diaplikasikan pada kaos atau pakaian. Berbagai jenis sablon yang ada juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.