Membentuk Kembali Badan Yang Ideal

Tentunya banyak orang ingin mempunyai badan yang ideal dengan berat badan yang normal. Apalagi kalangan wanita, banyak yang mereka rencanakan agar bisa mempunyai bentuk badan yang ideal. Bagi Anda yang ingin menguruskan badan dengan diet, ada hal yang harus kita ingat. Kita bisa membuat rencana menu makanan yang sehat. Kelebihan berat badan bisa disebabkan kandungan kadar gula yang berlebih. Kita harus memulai untuk membatasi asupan dari makanan yang tinggi kandungan karbohidratnya. Jika kita mampu, kita bisa untuk tidak sama sekali mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Perhatikan Pola Makan Dan Olahraga Rutin

Kita bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan indeks glikemik (IG) yang rendah. Makanan dengan kandungan indeks glikemik yang rendah yaitu buah, sayur, kandungan gandum utuh seperti roti tawar dari gandum dan bubur oat, lalu umbi-umbian seperti ubi jalar atau wortel, dan juga sumber akan protein dan lemak yang sehat.

Selain fokus pada keberagaman menu makanan dengan kandungan indeks glikemik yang rendah, kita perlu juga memperbanyak konsumsi makanan dengan sifat anti radang:

  • Kacang-kacangan
  • Ikan kaya kandungan omega 3 (seperti sarden atau salmon)
  • Bayam
  • Alpukat
  • Tomat
  • Teh hijau
  • Minyak zaitun

Tidak hanya pemilihan menu, kita juga harus memperhatikan seberapa seringnya kita makan. Dibandingkan dengan mengonsumsi makanan 3 kali pada tiap harinya dalam kandungan porsi yang besar, lebih disarankan untuk membagi porsi besar tersebut pada porsi yang lebih kecil sepanjang harinya. Sebagai contoh kita bisa mengonsumsi makanan 6 kali dengan waktu jeda 3 atau 4 jam. Tips ini sangat berguna dan efektif agar bisa menghindari kandungan gula darah yang melonjak drastis.

Diet saat hendak mengecilkan badan juga harus diselingi dengan olahraga yang rutin. Hal ini dibutuhkan agar bisa meningkatkan sensitivitas dari insulin saat mengatur kandungan kadar gula di darah. Tidak harus berolahraga yang berat-berat, kita cukup melakukan gerakan senam aerobik yang teratur, lalu jalan santai, berenang atau juga bersepeda untuk selalu menjaga kebugaran.