Manfaat Bulu Tangkis Untuk Kesehatan Anak

Olahraga untuk anak-anak sangatlah beragam salah satunya yaitu bulu tangkis, olahraga satu ini bisa dimainkan anak-anak di halaman rumah menggunakan peralatan olahraga yang sederhana mulai dari sepasang raket dan shuttlecock. Olahraga ini mudah dimainkan oleh anak-anak dan pastinya tidak berbahaya. Manfaatnya untuk kesehatan juga cukup banyak, dengan melatih anak olahraga dari kecil maka kesehatan dimasa depan bisa terjamin karena sudah terbiasa berolahraga.

Berbagai Manfaat Olahraga Bulu Tangkis Untuk Kesehatan Anak

Ada banyak manfaat dari olahraga bulu tangkis untuk anak-anak diantaranya menjaga kesehatan tubuh. Dengan berolahraga seperti bulu tangkis akan membuat anak Anda aktif bergerak seperti melompat dan lari-larian. Gerakan seperti itu mampu memperkuat fisik anak Anda sehingga kondisi tubuh tidak mudah sakit. Selain manfaat tersebut, olahraga bulu tangkis juga bermanfaat untuk memperkuat paru-paru anak serta mencegah penurunan asupan dari oksigen karena meningkatkan efisiensi dan kapasitas pernapasan. Gerakan yang dilakukan dalam olahraga yang satu ini mampu membuat anak Anda terhindar dari beberapa risiko terkena penyakit seperti:

  1. Penyakit jantung, karena gerakan olahraga dalam bulu tangkis mampu memperkuat otot jantung dan juga mengurangi jumlah lemak atau kolesterol berbahaya dalam tubuh.
  2. Stroke karena gerakan tersebut bisa meningkatkan fleksibilitas dari dinding pembuluh darah yang membuat tekanan darah turun sehingga terhindar dari risiko terkena penyakit stroke.
  3. Diabetes, banyak melakukan gerakan dalam berolahraga maka akan menurunkan jumlah glukosa dalam tubuh yang dijadikan sebagai energi dan juga mampu mengontrol berat badan anak yang terhindar dari obesitas.

Gerakan kaki yang melompat saat olahraga bulu tangkis akan memperkuat tulang pada anak dan kelenturan otot paha depan belakang, betis, punggung lengan dan juga otot inti. Selain itu gerakan yang aktif tersebut bisa meningkatkan mobilitas pada tubuh, melumasi sendi-sendi sehingga anak-anak akan terhindar dari risiko penyakit osteoporosis dan atritis dimasa yang akan datang. Gerakan dalam olahraga bulu tangkis juga akan melatih refleks tubuh anak atau kecepatan dalam menghindari sesuatu, hal tersebut berhubungan dengan sistem syaraf otak pada anak sehingga akan meningkatkan kecerdasan anak terkait dengan respons tubuh terhadap suatu hal.