Macam-Macam Teknik Sablon Kaos

Kaos merupakan salah satu jenis pakaian yang paling digemari oleh semua orang. kaos dapat dipakai oleh semua usia, dari bayi hingga orang tua, baik laki-laki maupun perempuan. Kaos juga sangat nyaman dipakai di berbagai acara. Tak mengherankan jika bikin kaos Bandung dengan cara sablon, menjadi banyak pilihan masyarakat untuk membuat seragam olahraga karena kaos sangat cocok dipakai untuk berolahraga. Bandung menjadi kota konveksi karena terdapat banyak industri konveksi yang sudah terjamin kualitasnya. Kaos yang dijual di pasaran, seragam olahraga atau seragam organisasi biasanya dibuat dengan cara disablon. Dalam prosesnya, sablon terdiri dari beberapa macam. Apa saja itu?

Beberapa Macam Cara Sablon Kaos

Kebanyakan kaos yang kita pakai dibuat dengan cara disablon. Tapi ternyata ada beberapa jenis sablon berbeda yang digunakan. Di bawah ini sedikit ulasan mengenai macam-macam sablon yang sering digunakan dalam proses bikin kaos Bandung.

  1. Sablon Manual

Sablon manual adalah cara menyablon salon dengan menggunakan tenaga manusia dan tidak menggunakan mesin sama sekali. Sablon ini adalah sablon pertama yang digunakan untuk menyablon kaos sebelum mesin ada. Saat ini sablon manual juga sering digunakan walaupun ada banyak mesin sablon canggih. Hal tersebut terjadi karena kualitas dari sablon manual yang sangat bagus. Atak mengherankan jika kaos yang menggunakan sablon manual akan dipatok harga yang lebih murah.

  1. Sablon Direct to Garment (DGT)

Sablon DGT adalah cara sablon yang menggunakan printer untuk mencetak sablon pada kain. Kain yang digunakan akan disesuaikan tinta, karena tiap jenis kain memiliki jenis tinta yang juga berbeda agar hasil sablon bagus. Printer yang digunakan untuk mencetak warna terang, gelap, dan perpaduan keduanya juga berbeda.

  1. Sablon Hot Press

Sablon hot press adalah cara sablon yang menggunakan mesin press yang kemudian telah ditentukan desain kaos yang akan digunakan. Mesin press kemudian diatur suhu panasnya, dan setelahnya ditekankan pada kain yang akan digunakan untuk bikin kaos Bandung. Teknik sablon ini biasanya menggunakan tinta sublimation.