Macam-Macam Bahan Pakaian

Kaos memiliki jenisnya tersendiri. Kalian pasti merasakan bukan setiap kalian memakai pakaian kalian akan merasakan perbedaan saat mengenakannya. Biasanya dipakai adem, hangat, gerah, nyaman, atau bahkan kasar. Dalam penggunaan untuk pembuatan baju tidur, baju kantor, ataupun kaos partai pasti berbeda. Semua itu karena bahan yang digunakan untuk membuat pakaian tersebut berbeda-beda, bergantung pada jenis baju yang akan dibuat. Nah sebelum membeli sebuah pakaian, alangkah baiknya kita mengetahui jenis-jenis bahan yang biasanya digunakan dalam pembuatan pakaian, agar dalam memilihnya kita dapat menyesuaikan dengan kegunaannya. Selain itu, hal itu juga perlu untuk menambah pengetahuan kita.

Jenis-Jenis Bahan Kaos Yang Biasa Dipakai

Jenis bahan kaos itu ternyata sangat beragam. Kita perlu mengetahuinya untuk menjadi referensi saat kita membeli sebuah kaos. Nah ada beberapa jenis bahan yang akan kita bahas saat ini.

  1. Katun

Jenis bahan ini sangat sering kita jumpai. Katun terbuat dari serat kapas alami dan memiliki ciri khas teksturnya yang lembut, nyaman dipakai, menyerap keringat, dan adem saat dikenakan. Harganya tidak terlalu mahal, dan biasanya digunakan untuk pembuatan kaos-kaos distro dan tidak cocok digunakan untuk kaos partai.

  1. Polyester dan PE

Polyester ini terbuat dari serat buatan dan teksturnya lebih kasar, kainnya lebih tipis dari pada katun, dan tidak menyerap keringat sehingga sangat panas.

  1. Cotton Viscose (CVC)

Jenis bahan ini merupakan kombinasi atau campuran dari Viscose dan Cotton Combed. Salah satu jenis bahan yang menyerap keringat selain katun.

  1. Polo

Bahan kaos polo biasanya digunakan untuk pembuatan kaos dengan kerah. Jenis bahan ini sanat nyaman dipakai dan tidak kaku.

  1. Teteron Cotton (TC)

Bahan jenis ini merupakan kombinasi antara cotton combed dengan polyester. Walaupun tidak menyerap keringat dan akan gerah saat memakainya, bahan ini tidak mudah kusut dan tidak mudah melar walaupun sering menggunakannya.

  1. Hyget

Bahan hyget ini biasanya digunakan untuk kaos partai. Bahan ini sangat tipis dan harganya sangat murah. Banyak yang bilang bahan jenis ini tidak layak dibuat kaos karena bahan yang sangat tipis. Namun justru banyak sekali yang membuat kaos-kaos kampanye menggunakan bahan ini.