Kebiasaan yang Merubah Manfaat Menjadi Petaka

Setiap orang, dalam kehidupannya pasti memiliki aktifitas atau kesibukannya masing-masing. Entah itu bekerja, berkarya, hingga belajar. Untuk melakukan aktifitas-aktifitas tersebut secara maksimal, tubuh kita tentunya memerlukan energi yang besar pula. Akan tetapi, energi bukanlah hal yang terus ada, ada kalanya energi akan habis dan perlu diperbarui atau diisi ulang. Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan seseorang untuk mengisi ulang energi tubuhnya yang telah hilang ialah dengan tidur. Tidur merupakan salah satu aktifitas primer yang sangat diperlukan oleh tubuh seseorang. Tidur yang ideal memiliki sangat banyak manfaat bagi tubuh, seperti mengisi energi yang hilang sehingga tubuh menjadi segar kembali, mengasah otak agar memiliki ingatan yang tajam, merupakan waktu yang tepat untuk detoksifikasi sel-sel yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh, dll.

Hindari Hal Ini Agar Tidur Anda Ideal

Tidur memiliki banyak manfaat. Akan tetapi, manfaat tersebut dapat berubah menjadi petaka apabila Anda melakukan hal-hal ini ketika Anda tidur. Yang pertama ialah menyalakan lampu saat tidur. Mungkin Anda adalah orang yang takut akan kegelapan, sehingga dimanapun Anda berada, Anda membutuhkan cahaya untuk mengurangi rasa takut Anda. Akan tetapi, tahukah Anda? Anda telah melakukan hal yang berbahaya apabila Anda menyalakan lampu saat Anda tidur. Cahaya lampu yang menerangi Anda tidur sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Cahaya tersebut akan merangsang pertumbuhan sel-sel jahat dalam tubuh Anda bahkan bisa merangsang produksi sel kanker. Baik itu kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker usus. Selain itu, cahaya tersebut akan menghambat tubuh Anda dalam memproduksi hormon melatonin. Dimana hormon melatonin ini merupakan hormon yang sangat berguna bagi kekebalan tubuh Anda. Salah satu fungsi utamanya ialah melindungi tubuh Anda dari sel kanker. Selain itu, tidur yang memiliki fungsi utama sebagai waktu istirahat untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran Anda dapat berubah menjadi waktu yang membuat Anda depresi apabila Anda menyalakan waktu saat tidur. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena pada saat malam hari tubuh dan pikiran Anda sudah benar-benar letih, akan tetapi cahaya lampu yang masuk ke otak Anda merangsang otak Anda untuk terus bekerja. Sehingga pikiran Anda yang telah lelah akan tambah lelah karena Anda otak Anda masih melakukan aktifitas. Hal ini tentu saja sangat tidak baik bagi kesehatan Anda bahkan dapat menyebabkan depresi dalam diri Anda.

Oleh karena itulah, Anda harus mematikan lampu saat Anda tidur agar tidur yang Anda dapatkan akan membawa manfaat bagi tubuh Anda, bukan membawa petaka. Nah, untuk Anda yang takut akan gelap, tidak usah khawatir, Anda dapat membeli lampu khusus tidur untuk mengganti lampu utama. Karena cahaya lampu tidur leboh lembut dan redup daripada lampu utama. Untuk itu, mulailah perhatikan kesehatan Anda. Karena kesehatan Anda merupakan investasi yang sangat berharga untuk masa yang akan datang.