Jenis Puisi Lama Yang Digunakan Untuk Menyiarkan Islam

Cinta adalah suatu anugerah yang diberikan oleh Allah yang diberikan kepada setiap manusia. Banyak puisi cinta Islami yang diciptakan untuk mencurahkan suatu perasaan yang dirasakan oleh sang penulis kepada sang penciptaannya. Pada zaman dahulu, puisi merupakan salah satu kebudayaan yang digunakan oleh para penyiar Islam untuk menyiarkan agama Islam.

Dengan rangkaian kata yang begitu indah, banyak yang menyukai puisi Islami. Dengan adanya puisi pada masa itu Islam berkembang dengan pesat sehingga muncullah banyak penyiar Islam yang terkenal dengan karya-karyanya. Dengan gaya penulisan yang bermacam-macam, membuat kebudayaan Islam pada masa itu semakin berkembang. Berikut beberapa karya puisi Islami yang terkenal hingga saat ini.

Puisi Islami Para Sastrawan Terkenal Indonesia

  • Padamu Jua karya Amir Hamzah. Beliau merupakan salah satu penyair puisi cinta Islami yang terkenal. Dalam karyanya yang satu ini beliau menuliskan tentang suatu pertemuan sepasang kekasih yang dilakukan untuk sebuah keabadian sedangkan mereka telah lama berpisah. Dalam hal ini bukan berarti kekasih yang dimaksud adalah kekasih manusia atau orang yang berlawanan jenis dengan kita. Namun kekasih dalam puisi ini adalah kekasih Tuhan.
  • Doa karya Chairil Anwar. Chairil Anwar adalah salah satu sastrawan Indonesia yang terkenal pada tahun 1945. Dengan karyanya yang sangat mengagumkan membuat namanya dikenal oleh banyak orang. Dalam karyanya yang berjudul doa, menggambarkan dengan kehidupan manusia yang memiliki permasalahan yang begitu indah. Sehingga hal ini dapat membuat kita lebih baik dan semua manusia akan kembali kepada sang pencipta.
  • Sajadah panjang karya Taufik Ismail. Beliau dikenal dengan seorang sufistik. Dalam hidupnya dilakukan hanyalah untuk beribadah kepada Tuhan. Dalam karya yang berjudul Sajadah Panjang menceritakan mengenai seorang yang dalam hidupnya hanyalah untuk berzikir kepada Allah dan berzikir dalam puisinya adalah sholat.

Tentu saja masih banyak lagi puisi cinta Islami yang diciptakan oleh sastrawan Indonesia terkenal seperti Tuhan Kita Begitu Dekat karya Abdul Hadi, Ketika Engkau Bersembahyang karya Ainun Najib, dan beberapa karya lain yang berisi puisi cinta bernafas Islami. Demikian informasi mengenai puisi semoga bermanfaat.