Jadi Lebih Tahu! Asal Usul Musik Indonesia.

Alat musik memang menjadi perbincangan yang tak pernah ada matinya. Apalagi jika sudah berbicara tentang bagaimana musik bisa berkembang di Indonesia. Musik di Indonesia sudah ada sejak zaman sebelum agama hindu-budha masuk ke wilayah tanah air. Dimasa ini musik difungsikan sebagai sebuah alat ritual yang sangat sakral di masyarakat sekitar. Jadi, tidak sembarang orang bisa memainkannya, apalagi sampai menciptakan nada tertentu seperti lagu-lagu sekarang yang bisa tersebar dengan begitu bebasnya.

Lalu, Apalagi Sih Selain Cerita Sejarah Musik Diatas?

Lalu, pada zaman hindu-budha sudah masuk ke wilayah tanah air dan tersebar di berbagai wilayah. Nah, di masa ini Indonesia memiliki berbagai kerajaan yang sangat banyak serta besar dan jaya di masanya. Seperti kerajaan Demak, Majapahit, dan segelintir kerajaan lainnya. Nah, disini juga alat musik juga berkembang.

Tak hanya sebagai ritual masyarakat, musik juga difungsikan sebagai sebuah sambutan tamu kerajaan yang berkunjung dari daerah jauh sana. Lalu musik juga berkembang di zaman kolonialisme, yang mana orang-orang barat mulai memperkenalkan aliran musik mereka serta alat musik yang dimainkan. Nah, disinilah masyarakat Indonesia mulai mengenal gitar, seruling atau flute, dan alat musik modern lainnya.

Dan dimasa ini juga terciptalah musik dengan aliran keroncong dan musik lainnya. untuk musik dengan aliran pop sendiri berkembang dan dikenal pada zaman orde baru. Yup sekitar tahun 90an. Yang mana di tahun tersebut banyak mencetak band-band legendaris seperti god bless, kla project, slank, dewa 19, dan lainnya. untuk band 90an yang masih eksis sendiri, slank menjadi salah satu yang masih eksis di era milenial sekarang.

Nah kembali ke pembahasan, karena semakin hari semakin pesat perkembangan musik yang tersebar di masyarakat akhirnya banyak sekali yang menciptakan aliran musik dengan ciri khas masing-masing yang mana di era sekarang sudah banyak peminatnya, mulai dari aliran musik reggae, jazz, rock, Electric, hip hop, pop, dan lain sebagainya. Demikian bahasan mengenai alat musik. Sampai jumpa.