Dampak Negatif Kegiatan Pariwisata

Kegiatan pariwisata memang membawa banyak dampak positif bagi para pelakunya. Jogja, salah satu kota yang mendapat julukan kota wisata adalah salah satu kota yang mendapat banyak dampak positif dari kegiatan pariwisata yang semakin berkembang. Berbagai bisnis mulai berkembang dan tumbuh subur di sana dan salah satu contohnya adalah bisnis sewa apartemen di Jogja. Selain dampak positif yang muncul dari kegiatan pariwisata, ternyata muncul beberapa dampak negatif yang menyertai munculnya kegiatan pariwisata.

Dampak Negatif Kegiatan Pariwisata

  1. Lingkungan menjadi rusak

Pembangunan wisata besar-besaran tanpa memperhatikan lingkungan akan merusak lingkungan itu sendiri. Belum lagi tak sedikit wisatawan yang kerap kali tak dapat menjaga tangan mereka untuk tetap diam, dan malah merusak objek wisata maupun lingkungan yang seharusnya dijaga.

 

  1. Kontrol dari pihak luar

Kontrol dari pihak luar dalam kegiatan pariwisata adalah wajar. Namun, jika kontrol yang diberikan terlalu berlebihan, hal tersebut akan berdampak pada masyarakat lokal. Pengelolaan wisata akan jatuh sepenuhnya kepada pihak luar dan masyarakat lokal seperti hanya berperan sebagai pembantu saja.

 

  1. Tata kota yang semrawut

Penataan kota yang tidak diatur dengan baik akan membuat kota menjadi semakin semrawut dan terlalu padat akibat dari kegiatan pariwisata yang berlebihan. Seiring dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, akan membuat masyarakat menciptakan bisnis pribadi dengan membuka sewa penginapan dan apartemen di Jogja. Daerah padat seperti Malioboro akan semakin padat dan semrawut jika tidak ditata ulang oleh pemerintah.

 

  1. Budaya yang berubah

Perubahan budaya sebenarnya akan selalu terjadi tanpa harus melakukan kegiatan pariwisata. Apalagi pada era globalisasi seperti saat ini, budaya mudah sekali terkikis dan tergantikan oleh budaya lain. Dalam hal ini, kegiatan pariwisata akan membuat masyarakat lokal bertemu dan berinteraksi dengan wisatawan yang membawa budaya mereka sendiri. Hal ini akan menyebabkan perubahan budaya tanpa disadari oleh masyarakat.

 

Pembangunan apartemen di Jogja yang semakin banyak dan menjamur dapat menjadi dampak positif dan juga negatif dari adanya kegiatan pariwisata. Tergantung dari sudut pandang mana kita melihat segala perubahan yang terjadi.