Cegah Komedo di Wajahmu

Komedo adalah masalah besar kedua setelah jerawat yang sering dikeluhkan kaum wanita. Sebenarnya, awal tumbuhnya jerawat bisa berasal dari komedo yang kemudian mengalami pembengkakan. Komedo adalah bintik-bintik kecil yang berwarna hitam dan biasanya timbul di wajah terutama bagian hidung. Ada juga komedo yang berwarna putih. Keberadaan komedo pada wajah memang membuat tidak percaya diri karena adanya bintik-bintik hitam tersebut. Oleh karena itu, berbagai cara sering dilakukan untuk membuang komedo-komedo jahat di wajah.

Cara Mencegah Timbulnya Komedo

Untuk menghilangkan komedo, khususnya para wanita sering menempuh cara facial di klinik kecantikan. Namun pada jangka satu bulan saja komedo itu pasti akan timbul lagi dan harus kembali melakukan facial. Belum lagi facial menimbulkan rasa sakit luar biasa. Oleh karena itu, lebih baik Anda mengetahui penyebab timbulnya komedo dan menghindari penyebab tersebut. Berikut ini adalah cara mencegah timbulnya komedo, yaitu:

  1. Mencuci wajah secara teratur

Salah satu penyebab timbulnya komedo adalah wajah yang kotor. Kotoran seperti debu yang menempel pada wajah jika tidak dibersihkan akan memicu timbulnya komedo, bahkan menimbulkan jerawat. Namun jangan terlalu sering cuci muka karena dapat menyebabkan wajah menjadi kering dan mudah mengalami iritasi.

  1. Gunakan produk-produk kulit yang menyerap minyak

Tidak dipungkiri, penyebab utama komedo wajah adalah produksi minyak yang berlebih. Jika kulit Anda adalah jenis kulit yang berminyak, lebih baik gunakan produk-produk topikal yang menyerap minyak berlebih. Contohnya sabun wajah yang mengandung asam salisilat. Anda juga bisa menggunakan kertas penyerap minyak.

  1. Membersihkan kosmetik sebelum tidur

Penggunaan kosmetik pada wajah sebenarnya membuat pori-pori tersumbat. Terlebih lagi jika sebelum tidur Anda tidak membersihkan kosmetik, dapat dipastikan pori-pori wajah Anda tersumbat dan kemudian timbul komedo.

  1. Kurangi menyentuh kulit wajah

Tangan adalah salah satu organ tubuh yang banyak terkontaminasi bakteri dan debu tanpa kita sadari. Memegang bagian wajah dengan tangan, dapat memicu timbulnya komedo karena bakteri dan debu akan menempel di wajah.