Cara Mengatasi Diare Menggunakan Bahan Herbal

Diare atau mencret tentu dapat menjadi suatu hal yang mengganggu aktivitas. Diare dapat membuat seseorang bolak-balik ke kamar mandi. Seseorang yang diare juga terkadang disertai rasa sakit di perut yang membuat seseorang merasa tidak tahan. Penyebab diare bermacam-macam, akan tetapi umumnya disebabkan karena kesalahan makanan yang dikonsumsinya. Makan makanan sembarangan dapat menyebabkan penyakit ini datang. Kemudian memakan makanan yang sudah basi juga dapat menyebabkan diare. Umumnya penyakit ini dapat membuat seseorang merasa lemah dan tampak sakit, oleh karena itu jika terkena diare maka sebaiknya cepat-cepat diobati. Berikut ini akan diuraikan mengenai obat atau pertolongan pertama jika terkena diare.

Penggunaan Obat Alami Untuk Mengatasi Diare

Bagi Anda yang mengalami diare maka sebaiknya Anda segera membeli obat untuk mengobati penyakit yang satu ini. Karena penyakit ini memang dapat membuat seseorang merasa kesakitan. Terdapat banyak obat diare yang beredar di pasaran dan dijual di apotik yang sangat ampuh digunakan untuk mengobati diare. Namun perlu diketahui bahwa untuk mengobati diare dapat digunakan cara-cara sederhana menggunakan bahan alami seperti daun jambu, kunyit serta larutan gula dan garam. Seseorang yang diare dapat segera mengonsumsi pucuk daun jambu biji yang telah dicuci bersih bersama dengan garam. Obat tradisional ini dijamin efektif untuk mengobati diare.

Jika tidak ditemukan daun jambu biji, maka Anda dapat menggunakan kunir. Anda dapat mencuci bersih kunyit dan kemudian memarutnya. Ambil sarinya dan kemudian dikonsumsi. Kunyit juga bermanfaat bagi proses penyembuhan dari diare. Diare biasanya dapat membuat seseorang terasa lemas karena kekurangan cairan. Oleh karena itu sebaiknya seseorang yang mengalami diare tersebut segera diberi larutan oralit, yaitu larutan yang terbuat dari gula dan garam. Untuk membuat larutan ini sangat sederhana yaitu dengan melarutkan 1 sendok makan gula pasir dan setengah sendok garam ke dalam satu gelas air hangat. Larutan ini dapat membuat seseorang menjadi lebih baik. Demikian informasi mengenai cara mengatasi diare dengan menggunakan obat alami, semoga informasi ini dapat bermanfaat.