Budidaya Ikan Lele Mudah Dan Menjanjikan

Kebutuhan akan bahan makanan semakin meningkat dan kadang ketersediaan bahan produknya tidak bisa mengimbangi misalnya saja pada bidang kuliner sekarang ini begitu banyak warung makan pecel lele pada setiap Kota di Indonesia. Namun ketersediaan lelenya sendiri terkadang masih belum bisa mencukupi sampai-sampai ada pecel lele yang menjual satu porsi pecel lele dengan 2 ikan lele karena kurangnya stok ikan lele ukuran konsumsi sehingga dalam satu porsi pecel lele ada yang menggunakan 2 ekor lele. Hal ini memberitahukan kita bahwa budidaya ikan lele masih merupakan suatu usaha yang menjanjikan. Namun biasanya dalam budidaya ikan lele terdapat kendala dan berikut beberapa tips apa saja yang harus dilakukan untuk budidaya ikan lele.

Beberapa Kendala Pada Budidaya Ikan Lele

Ada banyak faktor yang kadang membuat para petani ikan lele mengalami kegagalan dalam melakukan budidaya ikan. Apa saja yang biasanya mengalami kendala dalam budidaya ikan yang pertama biasanya adalah masalah pakan yang kadang biaya pakan lebih besar dari penjualan ikan bagaimana cara menanggulanginya? Cara menanggulanginya adalah dengan memerikan pakan tambahan pada lele yang kita  pelihara misal kita bisa memberikan bangkai ayam yang sudah mati kita rebus  lalu kita berikan kepada ikan lele atau bisa juga dengan memberinya keong sebagai makanan agar tidak terlalu banyak pengeluaran pada  penggunaan pakan pelet. Bisa juga menggunakan media pakan alami dengan memupuk air terlebih dahulu agar menumbuhkan pakan alami yang langsung bisa hidup di dalam kolam.

Kendala berikutnya adalah tingkat kepadatan pada suatu kolam. Biasanya kita kurang memperhatikan tingkat kepadatan pada kolam yang kita miliki karena terlalu padat maka ikan akan mudah untuk mati karena ruang geraknya terbatas. Selain kepadatan ada pula kendala yang dihadapi adalah kita lupa menyortir ukuran ikan yang ada dalam satu kolam. Karena seharusnya dalam satu kolam itu ukuran tubuh ikan yang ada harus seukuran atau tidak beda jauh karena jika beda jauh maka akan terjadi kanibalisme yang besar memangsa yang kecil dan membuat hasil panen ikan pun menurun. Ya itu tadi beberapa kendala yang dialami oleh petani ikan lele. Semoga bermanfaat dan membuat Anda semakin mengerti bila akan melakukan usaha budidaya ikan lele.