Bagaimana Cara CCTV Berfungsi Dengan Benar?

Keamanan merupakan syarat mutlak yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak ada tepat yang benar-benar aman baik itu rumah, kantor, maupun sekolahan. Semua tempat memiliki kemungkinan didatangi oknum-oknum jahat. Apalagi tempat-tempat seperti mall, hotel, ataupun perusahaan lain yang membutuhkan keamanan lebih.  Masyarakat yang memiliki toko, perusahaan, kantor, hotel, dan mungkin perusahaan lain rata-rata saat ini telah memilih CCTV untuk membantu mereka menjaga keamanan.

Fungsi Kamera Pengawas

CCTV yang tengah menjadi gaya hidup masyarakat kelas atas ini memiliki fungsi yang terbilang cukup banyak walaupun alat ini tidak bisa menangkap langsung pelaku kejahatan. Adapun fungsi dari alat ini sebagai berikut:

  1. Sebagai alat keamanan, alat ini dapat melindungi aset bernilai Anda dengan cara merekam seluruh kejadian yang ada di perusahaan Anda. Namun, Anda harus memastikan apabila alat yang Anda punya memiliki DVR untuk merekam.
  2. Rekaman kamera pengawas dapat dijadikan sebagai bukti valid jika memang ada oknum-oknum yang sengaja berbuat jahat di perusahaan Anda.
  3. Jika Anda sedang berada jauh dari perusahaan, Anda tidak perlu merasa khawatir. Anda cukup memonitor alat ini menggunakan smartphone, TV ataupun laptop Anda.
  4. CCTV dapat mengurangi kehilangan barang, kerugian material, maupun penipuan

Cara Memasang Kamera Pengawas

Fungsi dari alat tersebut tidak akan pernah berjalan dengan lancar, apabila Anda tidak dapat memasang CCTV tersebut dengan benar. Tips untuk memasang alat ini dengan benar diantaranya adalah:

  1. Ketika Anda akan memasang, Anda harus memerhatikan penempatannya terlebih dahulu. Anda tidak boleh memasangnya terlalu rendah karena alat ini akan mudah dikenali dan dirusak. Jadi, Anda harus meletakkan di tempat tinggi dan tersembunyi agar tidak mudah diketahui.
  2. Lalu, Anda harus memerhatikan pencahayaannya. Tidak semua kamera pengawas dapat merekam jelas di pencahayaan yang minim. Oleh karena itu, Anda harus meletakkan alat ini di tempat yang terkena pencahayaan cukup baik.
  3. Terakhir adalah permukaan dinding. Permukaan tempat yang akan dipasangi harus rata agar menghindari alat ini tertutup dinding-dinding lainnya.

Tidak susah bukan memasang alat ini? Memasangnya mudah, mengandung fungsi yang bermanfaat, apakah Anda yakin untuk tidak membeli CCTV?