5 Waktu Penting Untuk Konsumsi Air Putih

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa air putih sangat penting untuk kesehatan tubuh. Air putih dapat membantu kebugaran tubuh, menurunkan berat badan, menjaga konsentrasi dan melembabkan kulit. Akan tetapi, konsumsi air putih yang berlebih juga dapat memicu penyakit seperti gangguan ginjal. Berikut adalah waktu-waktu penting untuk mengonsumsi air putih agar kebutuhan cairan tercukupi sekaligus membantu menurunkan berat badan.

Bangun Tidur

Seseorang harus mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih setiap hari. 1 gelas pertama sebaiknya diminum ketika bangun tidur. Selama tidur ternyata badan mengeluarkan banyak energi untuk mengatur metabolisme. Akibatnya, ketika bangun tidur cairan tubuh berkurang. Minum segelas air dapat membantu menstabilkan cairan tubuh.

Sebelum Makan Dan Ketika Lapar

Kedua, sebelum makan adalah waktu terbaik untuk minum air putih. Hal ini dapat membuat perut lebih kenyang. Dengan begitu, dapat mencegah Anda makan dengan porsi yang berlebihan. Selain itu, segelas air putih sebelum makan dapat membuat permukaan lambung lembab. Sehingga, Anda akan merasa lebih nyaman ketika makan.

Selanjutnya Anda perlu minum air putih ketika Anda merasa lapar sebelum waktu makan tiba. Terkadang orang sering menyalah artikan sinyal yang diberikan tubuh ketika merasa lapar di antara jam makan. Penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya tubuh tidak membutuhkan makanan melainkan cairan, seperti air putih. Selain itu, minum air putih di antara waktu makan mengurangi kemungkinan Anda makan cemilan atau gorengan untuk mengganjal rasa lapar.

Keadaan Dan Aktivitas Tertentu

Selain itu, Anda perlu minum air putih tidak hanya sesudah olahraga tetapi juga sebelum melakukannya. Minum air putih sebelum olahraga dapat mengurangi kemungkinan kekurangan cairan. Sirkulasi tubuh pun menjadi lebih baik dan mengurangi peningkatan suhu ketika melakukan aktivitas tinggi seperti olahraga. Jangan lupa untuk mengganti cairan tubuh yang keluar seusai berolahraga.

Terakhir, Anda perlu minum banyak air putih ketika Anda terserang penyakit. Jika tubuh cukup terhidrasi, kuman dan bakteri bisa ikut terdorong keluar. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk minum air putih lebih banyak ketika orang di sekitar Anda sakit.