5 Tips Memilih Sekolah Sepakbola

Sekolah sepakbola atau yang biasa sering kita sebut SSB kini sudah banyak berdiri terutama di kota-kota besar di Indonesia, bahkan diantaranya sudah menjadi pemain profesional. Lalu bagaimana cara untuk mencari SSB yang berkualitas. Dari pola latihan sebagian besar hampir sama tidak ada perbedaan, namun jika diamati ada banyak perbedaan diantara SSB yang profesional dan yang biasa-biasa saja.

Beberapa Tips Memilih Sekolah Sepakbola Yang Baik Dan Berkualitas

Berikut ini ada 5 tips untuk memilih sekolah sepak bola yang baik dan berkualitas:

  1. Sekolah olahraga sepak bola harus mempunyai management dan struktur yang baik, SSB tetap membutuhkan orang-orang yang paham tentang membangun pendidikan anak dan pengelolaan sebuah organisasi, guna menjadikan SSB yang berkualitas tinggi, contohnya memiliki kepala sekolah atau presiden sekolah sepak bola, head coach, asisten pelatih, bendahara, fisioterapi, sekretaris, marketing, publik relation officer yang menghubungkan klub-klub profesional.
  2. Sekolah sepakbola harus mempunyai lapangan dan peralatan yang memadai, lapangan sangat vital bagi sebuah sekolah olahraga sepak bola, dan seharusnya mempunyai ukuran standar FIFA plus kualitas perawatan rumput lapangan yang memadai, sementara fasilitas lain seperti ruang ganti, lampu stadion, fitness center bisa menjadi pertimbangan sekunder. Selain lapangan, kelengkapan peralatan juga sangat menentukan SSB yang berkualitas akan menyediakan semua hal tersebut dengan lengkap.
  3. Sekolah olahraga sepak bola harus mempunyai coach yang bersertifikat, untuk menjadi pelatih SSB tidaklah mudah. Sekarang pelatih  SSB minimal harus memiliki lisensi D dan C nasional atau AFC, sehingga akan sangat paham dengan pengembangan anak didik dan tahu persis kapan waktunya harus latihan pembentukan karakter atau saat game di lapangan.
  4. Sekolah olahraga sepak bola harus memiliki program latihan yang terukur, SSB yang berkualitas akan memiliki program latihan yang terukur dan teratur. Acuannya pada ketentuan yang ada di young development.
  5. Sekolah olahraga sepak bola harus sering melakukan pertandingan dengan SSB lain, SSB yang berhasil dan berprestasi biasanya dalam 1 bulan mengadakan 2 kali pertandingan persahabatan dengan SSB lain, guna dijadikan tolak ukur kemampuan pemain masing-masing yang dilatih, Belajar yang sering melakukan pertandingan sparing dengan SSB lain biasanya akan lebih percaya diri, solid dan kompak saat menghadapi kompetisi atau turnamen .